Tips Memulai Bisnis Online

Bisnis Online
Hari ini tepatnya tadi jam 08.00 - 15.30 bertempat di salah satu member adsense-id, kami di beri free pelatihan dan sharing tentang Internet marketing khususnya Toko Online. Meskipun telat, namun tak mengendurkan niat dan semangat ini untuk menimba ilmu. Alhamdulillah sepulangnya dari pelatihan badan terasa masuk angin. Ok, langsung saja pada intinya dari kesimpulan saya terhadap materi yang dijelaskan panjang lebar. 


Tips untuk memulai bisnis online tersebut


1. Tentukan Pilihan

Dari sekian banyak jenis bisnis di internet, pertanyaannya adalah mengapa anda memilih toko online. Menurut mas Alfan sapaan akrabnya, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa hobi kita termasuk apa kesenangan kita dan tentang ketertarikan kita terhadap bidang tertentu. Dengan demikian kita diharapkan akan tetap survive ketika hambatan dan tantangan menghadang. Misal, kita mempunyai hobi menulis maka tak ada salahnya kita mencoba membuat blog dengan memposting hasil tulisan kita. Bila demikian mungkin content writer cocok menjadi bisnis kita di internet. Atau kita senang dengan bidang design, maka disana terdapat banyak pilihan diantaranya webdesigner, interior design dan lainnya. Intinya adalah temukan dirimu dan lakukan apa yang kamu senangi dimana itu bisa mendatangkan rupiah didalamnya. Jangan terlalu banyak terpengaruh atau tergiur dengan earning yang diperoleh orang lain. Akhir-akhir ini banyak pemula yang tidak terlalu kuat pondasinya lalu terjun di bisnis online karena tergiur dengan kefleksibelan waktu kerja maupun pendapatan yang peroleh dengan sedikit usaha. Maka saya tegaskan semua itu tidak benar, para master SEO, para webmaster, blogger dan lainnya memperoleh semua itu dengan pengorbanan dan usaha yang tidak sedikit.

2. Mulailah Aksimu

Bila anda sudah merasa yakin dengan bidang tertentu, maka langkah selanjutnya adalah start action. Ide besar bila tidak diikuti dengan aksi dalam pengertian memulai praktek maka semua itu tak lebih hanya sekedar khayalan belaka. Cepat cari tahu tentang bidang apa yang akan anda geluti dan segeralah untuk memulainya. Jangan takut salah, tidak menyerah jika gagal merupakan kunci dari pijakan awal di bisnis online ini.

3. Fokus Terhadap Bidang Tersebut

Kemudian fokus terhadap bidang yang sedang digeluti dan tidak menoleh ke lainnya sebelum mendapat earning merupakan tahap selanjutnya. Jika kita mudah tergiur dan akhirnya sering ganti bidang itu pertanda bahwa kita belum gagal pada point pertama dan tentunya juga dalam kefokusan kita. Menurut beberapa sumber, batas waktu tersebut ada yang selama tiga bulan pertama tapi ada yang selama satu tahun pertama. Semua bergantung dari keyakinan kita sendiri dan yang jelas terhadap cara menilai hikmah dari setiap kegagalan.

Saya rasa tips untuk kali ini cukup sekian dahulu, mohon maaf jika ada kesalahan.